Menikmati Hutan di Tengah Kota Bandung

Desember 09, 2014

Hai semuanya! Butuh liburan? Tapi ingin dengan tema alam? Jangan kawatir saya kali ini akan mengajak kalian ke tempat yang menyenangkan. Liburan ke mall sih udah biasa ini saatnya kita menjelajah alam. Bersatu dengan alam hehehee. Kali ini lokasi jalan-jalan asyiknya di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dan Hutan Babakan Siliwangi. Yuk intip keseruan hutan di Bandng.

1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura)
 

Taman hutan ini letaknya ada di Bandung. Lebih tepatnya di Jl. Ir. H. Djuanda (Dago Atas). Bukan tempat yang jauh sekali karena letaknya masih ada di kota. Taman hutan ini tidak hanya memberikan kesejukkan pepohonannya saja. Ada sejarah penting yang dimiliki hutan ini. Jika kalian masuk lebih dalam lagi kalian akan menemukan Gua Belanda dan Gua Jepang. Kedua gua tersebut merupakan saksi dari perjuangan bangsa Indonesia. Bagi kalian yg suka uji nyali silahkan dicoba. Jika melihat lebih jauh lagi kalian akan menemukan berbagai macam curug dan juga tempat penangkaran rusa. Berbeda perjalanan ke Gua Belanda dan Jepang yg dapat ditempuh dengan jalan, menuju curug dan penangkaran rusa dapat dilkukan dengan ojek motor.


Sekarang mari kita mulai, namanya juga hutan yah tentu kalian akan bertemu dengan pohon-pohon yang begitu tinggi seperti yang telah saya lihat. Pohon-pohon pinus terlihat jelas di depan mata. Menurut saya itu indah sekali. sangat disayangkan hanya begitu saja makanya saya beberapa kali mengambil foto di sini. Oh iya jangan takut cuaca di sini begitu sejuk jadi betah dan rasanya ingin sekali berlama-lama di sini. Selanjutnya saya pun mulai masuk lebih dalam ke Taman Hutan Raya Dago. Tentu saja saya penasaran dengan apa yang ada didalamnya. Yang paling di cari di sini nih yaitu gua-gua. Baik gua jepang ataupun gu belanda. Catatan aja sih jang melakukan hal-hal yang aneh deh di tempat keramat atau jaman bahela. Apalagi kata bapak-bapak guide di sini kalau gua belanda itu lebih serem daripada gua jepang. Alhasil saat sampai ke gua Belanda bukannnya menikmati sejarah saya dan saudara saya malah lari-lari sepanjang gua. Soalnya gua-gua di sini gelap sekali tidak ada penarangan. Hanya disewakan sebuah senter yang sekali pakai seharga 5rb. Bagi kalian yang ingin ditemani guide bisa kok bayar seikhlasnya ajanya kok. Letak antara gua jepang dan belanda memang tidak berdekatan. Untuk ke gua jepang memang lebih cepat. Berbeda dengan gua belanda yang lebih jauh. Tapi jangan sedih karena sepajang perjalanan menuju gua belanda itu kita bisa menikmati alam yang sejuk loh. Selamat berolibur, jangan lupa jaga kebersihan lingkungan sekitar yah.

2. Hutan Babakan Siliwangi


Ini dia kedua yang mesti dikunjungi. Hutan Babakan Siliwangi di jalan Siliwangi lebih tepatnya di sekitaran Sabuga. Siang itu saya dan teman saya mencari tahu keberadaan hutan baksil tersebut. Sayang sekali keberadaan hutan baksil ini tersembunyi sekali. Lebih parah lagi sepertinya hutan ini kurang diperhatikan. Padahal menurut saya hutan baksil yang berada di tengah perkotaan akan membawa kesejukan sendiri. Kedatangan kita sebearnya penuh dengan kebingungan. Bahkan mencari pintu masulnya saja kita haru berkali-kali menanyakannya. Tapi untunglah warga sekitar sangatlah baik pada kami sehingga kami dapat masuk ke dalam hutan. Ketika masuk ke hutan, agak seram sih. Tetapi di sini ada tempat yang begitu indah sulit dideskripsikan. Sepertinya harus dicoba sendiri. Pesan aja sih: #savebabakansiliwangi

2. Taman Bunga Begonia



Taman Bunga Begonia merupakan tempat wiata yang menyajikan berbagai bunga. Lokasinya terletak di dareah Lembang (dekat pasar Lembang). Tempat wisata ini menjadi tempat instagramable bagi pengguna instagram. Selain itu, lokasi yang dapat dijangkau dengan transportasi ini umum ini hanya membutuhkan 10rb-20rb untuk menikmati keindahan bunga-bunganya. Walaupun tida seluas taman bunga nasional, Begonia selalu mengundang pengujung lokal atau mancanegara untuk datang. Jangan  lupa juga siapkan kamera hp, digital, atau yang lainnya. Sangat disayangkan berkunjung tanpa mengabadikan momen karena di sini ada banyak spot foto loh. 

Jalan Raya Maribaya No.120 A, Langensari
Lembang, Kabupaten Bandung Barat
08.00 - 17.00 WIB

3. Grafika Cikole


Nah kalau ada yang berniat liburan ke Bandung jangan lewatkan tempat wisata yang akan saya bahas ini, yaitu Grafika Cikole. Lokasi wisata  ini letaknya deket perbatasan antara Lembang dan Subang. Jadi jangan kira kalau lokasi wisata ini ada di tengah kota. Wisata ini sebenarnya diuntukan untuk camping atau gathering loh. Namun, bagi pengunjung yang hanya sekedae main dan foto-foto diperbolehkan kok. Di sini kita akan disuguhkan pohon-pohon pinus yang tinggi, cuaca dingin, tp tetap sejuk, dan suasara binatang khas hutan. Pokoknya tempat ini cozy kali buat menghilangkan penat dari sibuknya perkotaan. Oh iya ikon yang paling menarik di sini itu adalah adanya rumah kurcaci. Sesuai dengan namanya rumah ini berbentuk seperti rumah kurcaci, kecil. Tak lupa patung-patung kurcaci pun menambah suasana seperti berada di kampung kurcaci. Rumah ini bisa ditempati dengan harga yang telah ditentukan.

Bagi pengunjung yang ingin ke sini, jangan khawatir mengenai akses transportasinya. Selalu ada cara untuk mendapatkan kesenangan hehehe. Pertama, jika pengunjung ingin menggunakan trasportasi umum bisa dilakukan dengan naik elf jurusan Bandung-Subang yang ada di Terminal Ledeng. Kedua, pengunjung juga bisa naik bis jurusan Bandung-Indramayu via Subang. Ketiga, menggunakan kendaraan pribadi menuju arah Subang. Mudahkan? Kalau begitu selamat liburan dan bersenang-senang yah!

Jl. Tangkuban Perahu Raya KM.8, Cikole
Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

4. Taman Balai Kota Bandung

Balai Kota Bandung atau biasa disebut dengan Balkot Bandung merupakan tempat pemerintahan kota Bandung. Namun, ada perbedaan dengan pusat pemerintahan yang letaknya di Jl. Merdeka bandung ini, kantor ini ternyata dibuka untuk umum. Bahkan beberapa komunitas seperti skateboarddancer, dsb memilih berkumpul di Balkot apa lagi kalau bukan karena suasananya. Kantor ini memiliki taman yang sangat luas dan sejuk. Sejenak untuk menjauhkan diri dari rutinitas kesibukkan kota Bandung, taman yang berada di dalam Balkot ini bisa menjadi andalannya. Taman ini sama halnya dengan taman-taman yang lainnya hanya saja ada yang membedakannya yaitu adanya patung-patung pahlawan bersejarah. Jadi, di sini pun kita bisa bersantai sembari belajar sejarah.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook