Malang Trip #3

Maret 28, 2016

Masih di Malang dong. Kali ini, Cobain Rais menjadi destinasi wisata selanjutnya. Coban Rais merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yg berada di Malang. Sebenarnya banyak sekali coban yang ada di sini, mulai dari Coban Pelangi, Coban Rondo, Coban Pitu, dsb. Nah kata Coban sendiri munurut orang Malang itu air terjun. Jadi jangan heran kalau orang sini lebih sering menggunakan kata coban daripada air terjun. Kok bisa tau ini lgi hits? Iyelah karena sblm kemari saya mencari tempat wisata melalui instagram, anaknya nih instagramable banget sih. Usut punya usut, yang lg hits di sini ternayata bukan air terjunnya melainkan area foto-foto yang memang instagramable banget. Oke, yang pertama bahas lokasinya dulu deh. Nah lokasi Coban Rais ini berada di Kota Batu. Jalan menuju ke sini tidak sulit kok, cukup modal waze atau alat navigasi lainnya insyallah selamat sampai tujuan nih. Soalnya saya dan yang lainnya mengandalkan alat macem itu wkwk. Untuk jalannya, alhamdulillah aspal, bagus, dan adem. 
Ayunan Tebing

Stone Garden

Sebelum berjumpa dengan cobannya ternyata di sini ada beberapa wahana yg wajib dicoba bagi pengunjung yang ingin jadi anak hits Malang. Bagi yg berani menantang adrenalin juga bolehlah. Di sini ada wahana ayunan yang mana diayunkan di atas jurang loh. Bukan hanya itu ada wahana rumah pohon yang cukup tinggi. Yah wahana ini ga jauh beda dengan Maribaya Bandung dan Kalibiru Yogyakarta. Oh iya di sini juga ada Taman Bunga Batu. Konsepnya itu ada spot yg dibuat seolah2 batu yang dihiasi berbagai bunga. Masuk ke sini dikenakan biaya 25rb/orang loh. Bagi yang ingin bersantai sambil menikmati ketinggian di sini juga ada wahana hammocking. Itu loh yang digantung di pohon itu. Nah itu dia beberapa wahana yang bisa dinikmati sebelum ke Coban Rais. Bagi yang ingin ke sini usahakan jangan weekend atau hari libur yah kecuali org2 yg sabar buat ngantri tak apalah. Silahkan saja.


Lanjutnya, kami mulai melangkah ke Coban Rais. Ternyata medan yang harus ditempuh menuju air terjunnyaitu masih jauh. Kami sempat mencoba mundur untuk tidak melanjutkan. Kondisi medan yang berlumpur, air, hujan, dan dingin menjadi bahan pertimbangan kami untuk melanjutkannya. Namun, hal itu kami urungkan. Tak lama berjalan, akhirnya suara air terjun pun terdengar. Sesampainya di Coban Rais, rasa syukur atas keindahan itulah yang kami ucapkan. Indah bukan main. Saran bagi pengunjung, kalau ada yang ingin ke sini diusahakan untuk mempersiapkan diri. Karena menuju Coban Rais ini membutuhkan stamina dan bekal yang cukup. Karena waktu yang kita habiskan naik dan turun itu sekitar tiga jam. Itu pun sampai di coban ga ada kok sampai satu jam. Oh iya pakaian dan sepatu juga harus menyesuaikan yah. Ini latihan kecil buat naik gununglah. Selamat berlibur yah....!


Sepulangnya dari Coban Rais, saya dan lainnya melanjutkan ke wisata Kampung Warna-Warni Jodipan. Sesuai dengan namanya, kampung ini merupakan perumahan yang memiliki warna dinding yang beragam. bukan hanya itu saja, lukisan 3D juga disajikan di setiap dindingnya. Kampung Jodipan diprakarsai oleh mahasiswa UMM yang kala itu sedang melakkukan KKN. Cukup membayar uang parkir dan uang masuk 2rb saja, saya sudah bisa berkeliling di kampung ini. Untuk akses jalan ke sini disarankan lebih baik menggunakan kendaraan roda dua saja yah. Lebih praktis dan mudah. Buat yang ga punya kendaraan jangan khawatir yah. Seperti biasa, bukan lagi rahasia umum karena sekarang aplikasi transportasi online sudah hadir di Malang. Jadi, jalan-jalan akan lebih mudah dan seru.


Sesampainya di Jodipan saya pun sesekali mengabadikan foto dengan lukisan 3D yang membuat saya benar-benar ada di dalam lukisan tersebut. Perasaan semakin takjub ketika melihat keadaan di kampung ini yang begitu bersih, terawat, tenang, dan ramah. Masyarakat yang begitu welcome terhadap pengunjung menjadi kenyaman bagi pengunjung untuk kembali datang di sini. Menyenangkan sekali berkeliling ke sini.


Oh iya tidak hanya itu saja, di sini juga menyediakan perpustakaan Jodipan. Semacam tempat baca yang menyajikan berbagai buku untuk anak-anak di kampung ini. Info lainnya menurut orang sini, lukisan dan warna yang ada di kampung ini selalu mengalami perubahan gambar setiap 3 bulan sekali. Jadi, pastikan kalian datang di waktu yang pas karna banyak spot yang tidak boleh dilewatkan.

Lokasi: Kampung Warn-Warni Jodipan Malang
Alamat: Jodipan, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126
Spot: Lukisna 3D dan kampung warna-warni.
Waktu: 06.00-18.00 WIB

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook