Tips Solo Backpacker

Desember 07, 2019

Salam jalan-jalan wankawan...

Setelah berhari-hari, berminggu-minggu, hingga berbulan-bulan akhirnya menulis juga di blog kesayangan ini. Saya megucapkan terima kasih untuk wankawan yang sudah mampir, sudah membaca, atau bahkan yang ada setia menunggu blog ini. Kali ini saya akan membahas mengenai tips solo backpacker berdasarkan pengaman saya sendiri. Ini penting sekali terutama bagi kalian yang perempuan dan suka sekali jalan-jalan sendiri. Nah bagi yang belum tau solo backpacker saya ke Semarang, silahkan dicek ceritanya yaaaah!

Beberapa tips yang akan saya berikan mungkin memiliki kesamaan dengan blog-blog lainnya. Bukan berarti saya meniru secara keselurhan yah atau hanya menyalin saja. Tentu saja saya juga mencari tahu apa saja yang perlu disiapkan sebelum saya melakukan solo backpacker kemarin. Nah berdasarkan pengalaman yang saya rasakan, saya akan membagikan tipsnya.

1. Tentukan Destinasi
Destinasi tentu menjadi hal utama ketika ingin melakukan perjalanan. Sebelum menentukan solo backpacker ada baiknya mencari tahu destinasi aman untuk dikunjungi sendirian, khususnya untuk perempuan. Keamanan menjadi hal penting dalam perjalanan apalagi bagi kaum perempuan. Nah bagi yang baru pertama kali melakukannya, seperti saya, ada baiknya memilih destinasi yang terdekat dari domisili. Setelah mndapatkan destinasi yang akan dikunjungi barulah ke langkah selanjutnya yaitu mencari infomasi tentang solo backpacker.


2. Mencari Informasi

Bagi pemula ada baiknya selalu mencari informasi penting mengenai destinasi tujuannya, mulai dari akomodasi, tempat wisata, kuliner, hingga penginapan. Jangan sampai sudah liburan, tetapi ada tempat wisata yang terlewat tidak dikunjungi karena tidak tahu informasi tentang wisata tersebut. Kuliner juga menjadi hal penting karena ini berhubungan dengan makanan khas atau tempat makan enak di suatu tempat. Kalian bisa melihat dari beberapa food vlogger atau blogger. Dulu, saya menyusun tempat wisata dan kuliner berdasarkan referensi dari ood vlogger atau blogger,  sungguh sangat membantu sekali. Setelah itu, barulah menyusun iternity selama liburan sehingga liburan tersusun rapih.

3. Menyiapkan Budget
Setelah membuat iternity, jangan lupa menyisihkan atau menabung uang gajian atau jajan kalian sebagai bekal liburan nanti. Belilah tiket akomodasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan sehingga mendapatkan harga tiket yang murah. Kan judulnya juga backpacker. Nah untuk penginapan disarankan untuk mencari hotel kapsul atau hotel khusus backpacker. Sesampainya di destinasi tujuan bingung mau ke mana-mana pakai apa, lebih baik sewa motor saja. Sekarang setiap kota sudah banyak jasa penyewaan kendaraan roda ini. Siapkan juga uang darurat di ATM kalian masing-masing sebagai pegangan. Kalian akan melakukan perjalanan sendirian. Barangkali ada dana kurang atau hal lainnya yang tidak diinginkan, kalian masih memiliki pegangan di ATM.

4. Membawa Barang Seperlunya.
Sekedar mengingatkan saja bahwa yang akan dilakukan ada backpacker sehingga kita lebih baik menyiapkan barang bawaannya seperlunya saja. Susunlah barang-barang kalian ke ransel mulai dari barang yang jarang dibutuhkan higga sangat dibutuhkan. hal tersebut dilakukan agar memudahkan kalian untuk mengambil barang tanpa membongkar secara keseluruhan.

Nah itu adalah tips ala saya ketika melakukan solo backpacker, semoga membantu dan menginspirasi kalian yang akan melakukan perjalanan. Selamat liburan!

You Might Also Like

2 comments

  1. Ini noted banget buat saya, wish list banget tahu nggak sih, saya pengen banget Solo Traveling.
    Menaklukan ketakutan diri sendiri sejak dulu.
    Saya paling takut bepergian sendirian, tapi saya selalu terobsesi kalau liat temen-temen yang solo traveling :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita punya masalah yg sama. Alhamdulillah saya sudah menaklukan ketakutanku itu. Semoga suatu saat mbaknya jga bisa solo backpacker. Btw terima kasih sudah mampir, membaca, dan meninggalkan jejak di kolom komentar 😊

      Hapus

Like us on Facebook