Backpacker ke Pangandaran

Januari 08, 2013

Rencana awal: jalan2 breng anak2 kelas. Rencana jadi: jalan2 bareng 6 org(termasuk saya). Awalnya rencana ini hanya sekedar dianggap wacana oleh anak2 kelas. tapi siapa sangka, kita(ber6) mampu mendobraknya dengan bermodal nekat dan uang pas2an melancong ke pangandaran. Sudah sial, bahagia, dan tawa semuanya kita rasakan bersama. Keberangkatan kita mulai dari kampus UPI, kelar mata kuliah sintaksis kita (yang awalnya berlima) siap untuk berangkat. Memang saat itu hanya kami berlima saja yg akan pergi ke pangandaran. Ternyata Upi(salah satu teman kita) sms dan dia bilang ikut pergi ke pangandaran. Alhasil dari UPI kita berlima langsung pergi ke terminal cicaheum. Kita janjian ketemu di terminal caheum. Sampai di terminal bis jurusan bandung-pangandaran sudah stand by tuh.

Hanya saja kedatangan Upi yg tak kunjung  datang memaksa kami untuk menunda keberangkatan dan kita pun ditinggalnya(say goodbye to the bus). Beberapa saat kemudian, bis dengan jurusan yg sama datang(itu seharusnya menjadi keberuntungan kita).  oke, kita masih nunggu Upi yang kebetulan masih di daerah ujung berung heeeeft~ tik...tok.... Hujan pun mulai menapaki aspal terminal. Upi pun tak kunjung terlihat di terminal. Kemana Upi? Tiapi tiba-tiba upi datang. ini dia pengalaman yang tak terlupakan. ketika Upi datang, bis punk eluar dari terminal Caheum. itu pun kita tahu dari penjual bakso (yang tadi kita belli sambil nunggu kedatangan Upi). Kita pun bergegas keluar terminal dan mengejar bis sambil hujan2an (sinetron gila deeeeh). Tapi kita malah ditolak mentah-mentah sama kondekturnya. Usut punya usut, kata penjual sekitaran terminal, bis dilarang menaikan penumpang dari luar terminal. Kita pun balik lagi dengan keadaan setengah basah kuyup. Heeeeeffft~ Beberapa menit kemudian, bis dengan jurusan yg sama pun datang. Kita pun berucap alhamdulillah. Biaya bis Budiman Bandung(terminal Cicaheum)-Pangandaran sekitar 35ribu.

Akhirnya kita bergkat dari jam 12, nunggu Upi yg baru datang dan baru dapat bis yg jam 3 yaaah sampai ke pangandaran sekitar jam 10. suasana pangandaran sudah sepi. yaaah karena hari semakin malam kita belum dapat penginapan, kita pun  berdiam diri di masjid terdekat. bukannya kita istirahat tenang, eh kita malah diganggu sama orang gila yang duduk di sebrang kita. ditambah pula calo-calo yang mempromosikan losmennya (kalau kalian kemari jangan percaya sama calo deh, harga sewa suka dimahalin ey).  Nah, salah satu temen kita ada yang bertanya ke petugas alfamart dan alhamdulillah kita dapat penginapan yang cukup murah. Ternyata penginapan ini hrga sewanya 100/malam loooh. Itu harga non-weekend dan holiday. Lebih murah kan? Makanya buru ke pangandaran. Akhirnya tepat jam 12 kita bisa merasakan nyamanya kasur, horeeee~

Hari pertama backpacker-an pun dimulai. kita sedikit kecapekan jadi tidak bisa menikmati sunrise di hari pertama kita di pangandaran. namun, sekitaran jam 10 pagi kita berangkat ke Pantai Barat Pangandaran. Menurut situs web yang saya kunjungi, Pantai Barat Pangandran ini lebih sering dinikmati wisatawan untuk berenang atau melihat sunset. SUNSET! itulah yang paling saya incer di pantai seindah ini (walau kenyataannya begitu banyak sampah berceceran). Tanpa basa-basi kita pun langsung berkeliling, berfoto, dan tak lupa untuk bermain air. Merasa lelah mengelilingi Pantai Barat Pangandaran kita memilih beristirahat di salah satu gubuk kecil sambil menikmati segarnya air kelapa. tiba-tiba seorang pemuda dengan topi petaninya. kalau engga salah namanya Wahyu, entahlah. Aa ini menawarkan perjalanan ke pantai pasir putih dengan biaya 15 ribu/orang (non-weekend) dan 20 ribu/orang (weekend). karena hari itu tidak memungkinkan untuk pergi, kita pun menawar untuk perjalanan di hari sabtu dengan harga non-weekend.. Awalnya ditolak tapi akhirnya si aa itu menyetujui ^^ nah karena waktu sudah semakin siang sudah saatnya kita kembali ke penginapan dan waktu pun sudah menunjukan waktu shalat jumat untuk para cowok. Sore hari kita pun kembali ke Pantai Barat Pangandaran. Keadaan pun sedikit lebih rameh mungkin wisatawan luar sudah berdatangan. hanya saja sore itu mendung. jadilah kita tidak bisa melihat sunset secara sempurna :(((

Hari selanjutnya, kita benar-benar niat untuk melihat sunrise. kita keluar dari penginapan sekitar jam 5 pagi. hal ini dikarenakan jarak Pantai Timur Pangandaran yang tidak sedekat Pantai Barat Pangandaran. Di bagian Timur ini lebih banyak digunakan untuk olahraga air. Aktivitas berenang tidak diperbolehkan karenaombaknya yang begitu besar. Walaupun sunrise tidak seperti apa yang kita harapkan setidaknya kita bisa melihat sunrise bahkan kita bisa melihat nelayan yang baru saja pulang dari laut. Puas dengan sunrise kita pun bergegas untuk menyiapkan diri pergi ke pantai pasir. Wahyu(nelayan pantai Pangandaran)sudah stand by menunggu kedatangan kami. Tidak lupa kami pun menghubung Wahyu terlebih dahulu via sms bahwa kami telah siap untuk menjelajahi pantai pasir putih. Hanya saja ketika hampir mendekati daratan, Wahyu ini mengiming0imingi kami untuk melihat objek wisata lainnya dengan biaya 45rb/org. Kebetulan karena kami ini kaum awam di pangandaran a.k.a pendatang yang tidak tahu apapa hanya menuruti saja. Memang benar sih kita dibawa ke tengah laut dengan melihat tempat mandi bidadari, dan patung yang menyeruoai budha. Namun, kenyataannya setiap tempat itu hanya bisa dipandangi saja dengan waktu 5 menit saja, aigoooo!!

Selesai menikmati objek wisata di tengah laut saatnya menuju ke tempat utama yaitu Pasir Putih....!!! \o/ Oh iya jangan kaget iya setibanya di pantai ini melihat banyak kera yang berkeliaran di mana2. Bahkan insiden yang membuat kami kaget pun ada karna tingkah si kera-kera tersebut. Upi (yaaah dia lagi hihiiiy~), dia membawa makan yang ternyata makanan tersebut diserang oleh kera. Pencurian makanan itu sontak membuat kami semua kaget looh. Usut punya usut, setiap wisatawan yang datang dianjurkan tidak membawa makanan kecil karna itu akan mengundang sikap liar dari kera tersebut ck~ Have fun iya guys!!!