Bersilaturahmi Saat Pandemi dengan Lebaran Virtual

Mei 24, 2020


Selamat Idulfitri 1441 H. Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga kami semua akan dipertemukan kembali oleh Allah Swt di Ramadhan selanjutnya dalam keadaan sehat walfiat. Aamiin yaa rabbal'alamiin...

Sejak virus Covid19 datang tak diundang dan diusir pun tetap tak mau pergi, Indonesia membuat aturan untuk tidak mudik, takbiran, bukber, bahkan lebaran seperti biasanya. Padahal lebaran adalah momen yang sangat ditunggu oleh banyak orang. Apalagi oleh anak-anak pencari THR, pasti senangnya bukan kepalang. Lebaran kali ini terasa tidak sama karena kebijakan untuk tidak mudik/pulang kampung. Beberapa orang merayakan lebaran tanpa keluarga lengkap. Bahkan orang-orang yang sekedar ingin silahturahmi pun diusahakan tidak perlu mendatangi satu persatu rumah kerabat. Hanya satu tujuannya yaitu tidak menyebarkan virus. Terutama bagi orang-orang yang memiliki anggota keluarga masih bayi atau anak-anak karena mereka sangat rentan untuk tertular.

Lebaran selalu dilaksanakan selama dua hari. Di hari pertama, tentu akan menjadi hari yang melelahkan karena banyak sekali rumah kerabat yang akan dikunjungi. Mulai dari kerabat ayah hingga kerabat ibu. Selama satu hari itu, saya dan keluarga tidak menyelesaikan kunjungannya. Oleh karena itu, kami pasti akan melanjutkan di hari kedua lebaran.

Hari kedua lebaran, saatnya melanjutkan silaturahmi ke rumah kerabat lagi. Selain itu, rumah-rumah rekan kerja orang tua juga menjadi destinasi kunjungan lebaran. Bahkan hingga hari ketiga lebaran pun terkadang masih saja keliling. Budaya kami seperti itu. Kami selalu berkeliling dari rumah ke rumah untuk menjalin silaturahmi.

Lalu bagaimana lebaran tahun ini apabila tidak mudik dan juga tidak bertemu dengan saudara? Tenang dulu. Tidak boleh keluar karena virus, tidak menutup silaturahmi. Kegiatan silaturahmi merupakan kegiatan yang diharuskan dalam agama (Islam) kami. Sebagai umat muslim kita tidak diperbolehkan untuk memutus tali silaturahmi. Maka cara melakukan silaturahmi di saaat pandemi ini adalah dengan cara melakukan video call. Penggunaan video call saat ini sedang viral dengan sebutan lebaran virtual. Sebelumnya buka bersama online atau virtual sudah viral,  kali ini lebaran virtual sedang banyak dilakukan oleh umat muslim yang merayakan lebaran.

Video call sendiri tidak sulit kok. Kalian cukup menyiapkan gawai dan kuota. Jangan lupa aplikasi atau fitur dari gawai, bisa zoom, webeck, google meeting, atau paling mudah, line dan whatsapp. Ini tentu saja menjadi momen langka di saat lebaran. Biasanya orang-orang saling bertatap muka untuk silaturahmi, kali ini harus tahan diri untuk jaga jarak melalui lebaran virtual. Antusiasnya orang-orang dengan lebaran virtual ini juga terlihat di media sosial yang banyak sekali mengunggah kegiatan lebaran virtual, begitupun saya dengan keluarga. Sungguh menyenangkan dan mengharukan juga.

Nah, kalian yang tidak mudik jangan bersedih karena tidak berkumpul dengan keluarga yah. Semua sama kok, saya, tim medis, dan orang-orang yang tidak mudik lainnya merasakan hal yang sama. Kita merasakan cemas, sedih, dan rindu bersama di saat pandemi ini. Jadi, tetaplah physical distancing dengan stay at home dan jagalah kesehatan kalian. Salam.

You Might Also Like

4 comments

  1. Baru ngerasain gimana lebaran virtual. Sedih sih tapi ya gimana lagi huhu. Alhamdulillah komunikasi keluarga bisa kejaga ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya alhamdulillah komunikasi tetap terjalin yah. Sejauh apapun jarak tidak akan memutuskan silahturahmi. Selalu ada cara bersilahturahmi. ☺

      Hapus
  2. Aku dan keluarga tidak merayakan lebaran, tetapi aku tiap lebaran selalu kumpul-kumpul juga karena keluarga besar dan kakek nenekku muslim :'( semoga pandemi ini cepat berakhir, sudah kangen banget meskipun sering video call tetep kadang kurang mantab rasanya hehehe


    www.luciaberta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga harapan kita tentang berakhirnya wabah ini dikabulkan Tuhan. Aamiin. Terima kasih sudah mampir ☺

      Hapus

Like us on Facebook